top of page

Tantangan ketika memulai karir

Memulai karir bagi setiap individu tentunya akan memiliki tantangan dan waktu yang berbeda. Ada sebagian yang meraih karir dengan cepat dan mudah, ada juga sebagian yang membutuhkan waktu cukup lama dan terkesan sulit. Hal tersebut tentunya akan bergantung kepada individu yang beradaptasi dan mencocokan dirinya dengan pekerjaannya. Memulai karir biasanya dirasakan oleh kebanyakan individu yang baru saja menyelesaikan sekolah atau pendidikannya (fresh graduate).

Lalu, apa saja tantangan yang dihadapi fresh graduate dalam memulai karirnya ?


1. Beradaptasi dengan ritme kerja orang lain

Memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan, tidak dipungkiri akan bekerja bersama tim. Bekerja dengan tim berarti bekerja dengan orang lain, dalam hal ini kita perlu menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu dan selesai sehingga tidak akan mengganggu tujuan tim dalam menyelesaikan pekerjaan.


2. Fokus

Seringkali dalam memulai karir, kita selalu dihadapkan dengan banyak hal yang ingin dilakukan. Hal ini menjadi gangguan kita dalam menyelesaikan karir atau fokus kepada goals yang akan kita capai dalam karir. Pastikan kita dapat memprioritaskan mana yang harus dikerjakan dan mana yang sementara waktu dapat ditunda.


Source : pexels.com


3. Diremehkan orang lain

Memulai karir atau memulai pekerjaan tidak selalu dihadapkan kepada keadaan yang mulus, selalu saja ada rintangan yang harus kita lewati. Mendengar bisikan-bisikan yang cenderung meremehkan atau merendahkan anggap saja angin lalu. Kita bukan "mie instan"yang dimasak dalam waktu singkat akan siap disantap. Butuh proses yang kita hadapi untuk dapat menjadi individu yang matang, sehingga mengarahkan kita untuk menjadi invidu yang profesional dan meraih karir yang gemilang.


4. Mengatur penghasilan

Disaat awal-awal kita mendapatkan penghasilan dari kerja keras kita, ada perasaan ingin melakukan yang kita inginkan dengan penghasilan yang didapatkan. Hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan tidak mengganggu fokus kita di akhir bulan sehingga tidak dapat bekerja secara optimal karena keadaan keuangan yang menipis.


Tantangan setiap individu dalam memulai karir pastinya berbeda, tidak dapat disamakan baik dari waktu dan kemudahannya. Kunci mencapai karir yang gemilang adalah tetap semangat dan berjuang dengan sepenuh hati.


1,036 views0 comments
bottom of page