top of page

Menghadapi konflik dengan rekan kerja

Bekerja di sebuah perusahaan pastinya akan menghadapi berbagai macam latar belakang. Ternyata tidak sedikit pekerja yang merasa perbedaan ini menjadi keluhan yang sering terjadi nih #sobatoranye. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan konflik diantara sesama pegawai. Tetapi pasti ada cara untuk menghadapi konflik tersebut ya #sobatoranye.


Lalu, bagaimana caranya untuk menghadapi konflik dengan rekan kerja ?


Berhenti untuk bercerita tentang mengeluh

Dalam bekerja, setiap pegawai dituntut untuk selalu professional. Menceritakan kesulitan atau keluhan kita tentang segala seuatu bukanlah salah satu yang menunjukan professional. Dengan demikian, hal ini yang secara tidak langsung akan membuat diri kita semakin merasa terpuruk dalam keadaan.





Fokus kepada masalah bukan kepada orangnya

Konflik dengan rekan kerja pasti akan karena sebuah masalah. Menyelesaikan masalah dengan orang lain memang selalu melibatkan emosi negative. Pada saat inilah kematangan emosi dan kedewasaan kita akan teruji.


Tetap tenang

Tahanlah untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar, meskipun terkadang kita merasa yakin benar. Dengan demikian, kita akan menghargai dan menghormati diri sendiri, dan yang paling penting adalah meminimalkan dampak yang lebih parah.


Tidak bergosip

Tahan emosi kita untuk tidak membicarakan masalah yang kita rasa menyangkut dengan keburukan-keburukan rekan kerja. Komunikasikan masalah kita hanya dengan orang yang objektif dan kita percaya. Pastikan untuk bercerita kepada orang yang justru bisa merugikan kita.


Tidak melibatkan konflik pribadi

Bersikap professional dalam menghadapi konflik personal yang kerap terjadi dilingkungan kerja. Kita harus bisa memisahkan antara masalah personal dan masalah pekerjaan dan menghadapi setiap masalah dengan sudut pandang yang berbeda.

689 views0 comments

Comments


bottom of page