top of page

Kenali Berbagai Proses Bisnis dengan Process Knowledge Spectrum



Process Knowledge Spectrum adalah cara kita membagi proses sesuai dengan pemahaman yang dimiliki. Semakin tinggi pemahaman pada suatu proses maka semakin mature dan semakin rendahnya uncertainty yang mungkin terjadi.



(ILLUSTRATION)


1.Routine Operation

Proses pada Routine Operation dapat dikerjakan dengan mengacu pada SOP yang sudah jelas. Sehingga uncertainty dapat diminimalisir. Pada proses ini, Organisasi berfokus pada peningkatan efisiensi. Contoh proses pada bisnis makanan yaitu memasak menggunakan resep yang sudah diketahui.



2.Complex Operation

Pada Complex Operation seluruh proses telah dipahami akan tetapi masalah masih sering timbul dikarenakan faktor-faktor lain yang belum terpetakan. Organisasi berfokus pada problem solving dan peningkatan prediktabilitas. Contoh proses pada bisnis makanan yaitu mencari tahu dekorasi yang tepat, mencari kombinasi menu yang cocok, dan mengatur shift karyawan



3. Innovation Operation

Proses Innovation Operation memiliki tingkat uncertainty yang tertinggi, hal ini dikarenakan knowledge yang belum terpetakan untuk mencapai target yang maksimal. Organisasi berfokus pada penciptaan produk dan layanan terbaru. Contoh proses pada bisnis makanan yaitu proses menemukan resep baru dalam memasak.



52 views0 comments

Comentarios


bottom of page