top of page

Bagaimana cara bekerja tanpa drama ?

Updated: Sep 9, 2019

Bekerja seharian bahkan hampir lembur setiap hari tentunya akan mudah membuat pikiran dan badan menjadi lelah. Belum lagi, keesokan harinya kita dituntut untuk selalu tampil fresh kembali di kantor. Bagi beberapa individu untuk menjaga badan tetap bugar dan fokus dalam bekerja biasanya melakukan olahraga, tapi apa jadinya jika seorang individu tidak memiliki waktu olahraga atau mungkin tidak menjadikan olahraga sebagai pilihannya ?


Beberapa waktu terakhir ini istilah “mindfulness” sedang ramai dibicarakan ya #sobaroranye. Mindfulness adalah keadaan dimana kita dapat memfokuskan keadaan diri kita kepada apa yang kita lakukan saat ini, tidak memikirkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan. Dengan melakukan mindfulness ini dipercaya dapat menurunkan rasa khawatir atau cemas dan melatih diri untuk selalu fokus kepada apa yang sedang kita lakukan saat ini (kesadaran penuh).


Dengan menyadari pentingnya bekerja tanpa mengkhawatirkan sesuatu atau menyelesaikan pekerjaan dengan baik, sepertinya konsep mindfulness ini cukup membantu nih #sobatoranye. Lalu, bagaimana kita melatih diri agar dapat mindfulness?


Tetap berpikir positive

Ketika focus menyelesaikan pekerjaan, pastinya kita sering menghadapi hambatan. Di dalam konsep mindfulness ini, kita dibiasakan untuk focus pada menyelesaikan pekerjaan dan meyakini apa yang kita kerjakan akan diselesaikan dengan baik. Sehingga kita tidak akan sibuk memikirkan apa yang akan terjadi dikemudian hari atau membandingkan dengan apa yang dilakukan sebelumnya.


Atur nafas

Melatih pernapasan kita untuk tetap tenang juga merupkan bagian penting dari mindfulness nih #sobatoranye. Secara tidak langsung ketika kita dalam keadaan yang rileks atau santai kita dapat berpikir focus dan tetap tenang ketika menyelesaikan pekerjaannya.


Mengapresiasi diri sendiri

Tidak menutup kemungkinan apa yang kita lakukan setiap kali menyelesaikan pekerjaan adalah capaian kita dalam bekerja, walaupun terkadang hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Memberikan apresiasi diri sendiri tentang apa yang sudah kita lalui akan membuat diri kita menjadi lebih tenang dan tidak mudah stress dikemudian harinya.


Buatlah grateful journal

Luangkan waktu kita sedikit untuk menuliskan apa saja yang membuat kita merasa bersyukur. Dengan terus beryukur dipercaya membuat kita untuk focus kepada apa yang kita miliki dengan tidak membandingkan dengan apa yang dimiliki orang lain atau mengkhawatirkan apa yang tidak kita miliki.


Berkontribusi menjadi karyawan yang selalu memiliki hal-hal positive tentunya akan berdampak kepada lingkungan pekerjaan kita loh #sobatoranye. Tidak dipungkiri, ketika kita dapat menerapkan mindfulness ini, secara tidak langsung pekerjaan, lingkungan pekerjaan yang kita hadapi akan menjadi lebih mudah untuk dihadapi tanpa drama atau stress yang berkepanjangan.

937 views0 comments

Komentáře


bottom of page