top of page

Bagaimana menjadi fresh graduate yang mendukung SDM Unggul ?

Updated: Feb 10, 2020

Sumber Daya Manusia atau yang biasa disingkat dengan SDM, menjadi salah satu sumber utama dalam menjalankan setiap kegiatan di dalam organisasi kecil atau organisasi besar. Organisasi akan terus menuntut SDMnya untuk terus produktif, inovatif, dan kreatif sehingga organisasi dapat terus bertahan dan menjadi terus berkembang. Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia percaya dengan berkembangnya SDM yang unggul tentu akan membantu peran Indonesia dalam mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi saat ini, pastinya akan semakin menuntut kita untuk terus inovatif dan kreatif ya #sobatoranye.


Kira-kira, untuk kita yang baru memulai karir bentuk kompetensi apa ya yang sebaiknya kita miliki untuk mendukung SDM Unggul?


1. Teamwork atau Kerjasama tim

Dalam menyelesaikan pekerjaan biasanya kita dihadapkan atau dituntut dengan beberapa hal yang harus diselesaikan dengan tim. Hal tersebut digunakan organisasi atau perusahaan agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat dicapai. Dengan demikian, jika kita memiliki keterampilan ini tentunya akan membuat kita lebih mudah dalam bersosialisasi dalam lingkungan pekerjaan dan mudah diterima oleh rekan yang lain.


2. Inisiatif

Tanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan kepada kita secara tidak langsung akan menimbulkan perilaku inisiatif dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan demikian, jika kita bertanggung jawab dengan apa yang harus kita selesaikan maka perilaku ini akan muncul dan bisa jadi memberikan solusi yang lebih efektif dalam menyelesaikannya jika dibandingkan dengan cara penyelesaian pekerjaan yang sebelumnya.


3. Fleksibel

Untuk mecapai tujuan, tidak dipungkiri sebuah organisasi atau perusahaan akan merubah cara untuk mencapainya. Hal ini, tentunya akan membuat kita harus beradaptasi ulang atau memiliki kesiapan untuk perubahan. Keterbukaan diri kita akan perubahan tentunya menjadi hal yang akan membantu diri kita dilingkungan pekerjaan.


4. Kreatif dan inovatif

Semua organisasi atau perusahaan menginginkan karyawannya untuk terus kreatif dan inovatif sehingga dapat memberikan kobaran semangat. Dengan semangat yang tinggi, pastinya apapun masalah yang akan dihadapi akan diselesaikan dengan baik.


5. Mampu untuk berdiplomasi

Dalam bekerja, kita tidak hanya dihadapkan dengan relasi didalam kantor saja. Tetapi, customer atau relasi perusahaan akan menjadi relasi kita dalam bekerja. Bisa jadi, ketika menghadapi customer atau relasi kita harus dapat melakukan negosiasi agar tujuan dari kedua belah pihak tetap tercapai. Dengan demikian melakukan diplomasi yang baik akan membuat kita diperhitungkan oleh perusahaan dalam menghadapi customer atau relasi perusahaan.


6. Dapat bekerja sendiri

Selain bekerja bersama tim, ada kalanya kita dituntut untuk sendiri dalam bekerja. Sehingga, jika kita terbiasa menyelesaikan pekerjaan secara tim dan mendadak hanya seorang diri saja tidak perlu takut atau khawatir karena dengan menunjukan kita mampu bekerja sendiri akan semakin diperhitungkan kualitas kita dalam bekerja. Tentunya ini menjadi nilai plus untuk kita dapat mengembangkan karir kedepannya karena tidak terpaku dengan orang lain atau orang tertentu saja.


7. Manajemen waktu

Target pekerjaan selalu menjadi acuan kita dalam menyelesaikan pekerjaan, terutama waktu. Waktu yang kita miliki, tidak terstruktur seperti layaknya di dalam sebuah sekolah yang sudah pasti. Dengan demikian, waktu yang kita miliki dalam waktu bekerja harus diperhatikan dengan baik-baik, bisa saja kita dilibatkan dnegan tugas atau projek dadakan sehingga bisa saja mengganggu waktu-waktu yang kita siapkan untuk mengerjakan rutinitas biasanya. Selain dengan waktu yang cukup terbatas, tentunya tekanan dari pekerjaan itu sendiri akan terasa. Maka dari itu, manajemen waktu yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik tanpa adanya keterlambatan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.


8. Problem solving

Masalah memang selalu identik dimana manusia itu hidup, sepertinya tidak mungkin ya #sobatoranye jika di lingkungan kerja kita tidak pernah dihadapkan dengan masalah. Masalah memang selalu dihadapkan dengan resiko dan konsekuensi setelahnya. Maka dari itu, kita harus selalu siap dengan resiko dan konsekuensi yang akan terjadi dengan pengambilan keputusan yang dihadapi. Tentunya hal ini, menjadi keunikan diri kita sendiri dan pastinya akan membantu kita dalam memperlihatkan kualitas diri kita di lingkungan pekerjaan.


9. Komunikasi

Menjadi fresh graduate, biasakan diri kita untuk memulai dengan menjadi pendengar yang baik sehingga akan memberikan kesempatan untuk diri kita memahami bagaimana rekan kerja kita yang sudah lebih berpengalaman dapat menyeleesaikannya dengan baik. Kemudian, jika kita memikiki gagasan atau ide sampaikan dengan cara yang mudah dipahami sehingga komunikasi yang terjalin akan lebih efektif.

2,052 views0 comments
bottom of page