top of page

Bagaimana mengatur gaji diawal karir ?

Bagi para lulusan baru, mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang paling menyenangkan dan dinanti-nanti. Euphoria bekerja untuk pertama kali yang biasanya paling ditunggu-tunggu adalah benefit atau gaji yang akan didapatkan setelah berjuang dan Lelah bekerja selama satu bulan. Banyak sekali keinginan yang biasanya ingin dilakukan seketika mendapatkan gaji pertama. Tidak heran, hal ini justru menjadi boomerang bagi para pegawai baru untuk tetap bijak dalam menggunakan gaji pertamanya. Kira-kira untuk tetap bijak dalam mengelola bagi kita yang baru mulai bekerja seperti apa ya #sobatoranye ?





1. Membuat daftar kebutuhan prioritas

Dengan meningkatnya penghasilan seseorang biasanya akan sejalan dengan perubahan daya beli akan sesuatu hal. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita yang baru mulai bekerja. Tidak dipungkiri, memiliki penghasilan sendiri akan membuat diri kita secara emosional untuk membeli sesuatu yang melebihi dari harga yang biasa kita beli. Hal tersebut tidaklah salah dan wajar-wajar saja tetapi jauh lebih baik setelah menetapkan kebutuhan-kebutuhan prioritas yang harus kita penuhi dalam sebulan kedepan.


2. Merencanakan budget bulanan dengan tepat

Mencatat semua pengeluaran yang kita anggap penting dan sesuaikan jumlahnya dengan gaji yang kita dapatkan ya #sobatoranye. Kemudian pastikan jumlah pengeluaran ini harus sesuai dengan realita dan masuk akal sehingga akan meminimalisir masalah keuangan di tengah bulan atau jauh sebelum tanggal gajian tiba. Selain itu hal ini dapat menghindari dari keinginan untuk membeli barang-barang atau hal yang tidak begitu penting.


3. Mengalokasikan 10% untuk menabung

Menabung memang sebuah aktivitas yang harus dibiasakan loh #sobatoranye. Menabung ini tentunya akan memiliki banyak keuntungan, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan keuangan dimasa yang akan datang. Selain itu, dengan menabung juga membantu kita untuk lebih mudah untuk mecapai tujuan kita dalam suatu hal, salah satunya membeli sesuatu yang kita inginkan dengan harga yang masih sulit terjangkau untuk dapat kita beli secara langsung. Banyak pakar yang menyatakan jumlah ideal yang dapat ditabung adalah 10% dari jumlah keseluruhan pendapatan kita setiap bulannya.


4. Bersedekah

Menurut seorang pakar keuangan Ahmad Gozali, menyatakan dalam bukunya bersedekah merupakan hal yang sebaiknya menjadi prioritas kita ketika menerima pendapatan kita. Hal ini tentunya akan juga membantu sesama yang dapat menjadikan diri kita menjadi lebih bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

2,130 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page