top of page

Tips bekerja di rumah dan tetap produktif

Updated: May 17, 2020

Beberapa perusahaan telah menerapkan bekerja dari rumah atau Working From Home (WFH), hal ini dikarenakan dengan adanya himbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Selain itu, juga untuk memastikan produktivitas agar tetap tidak menurun. Lalu, seperti apa langkah yang perlu disiapkan agar tetap produktif ?


Sebelum meninggalkan kantor, ada baiknya untuk membuat daftar barang apa saja yang sekiranya akan diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan dari rumah.

Jika fasilitas yang diberikan berupa laptop, pastikan kita untuk membawa laptop dan juga kabel chargernya ya. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan file-file apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan kita nanti dari rumah.


Kemudian, jika kantor tidak memfasilitasi kita dengan laptop kita dapat menggunakan computer atau laptop pribadi ya #sobatoranye. Tetapi, perlu dipastikan computer atau laptop yang kita miliki sudah dapat mengakses email kantor atau office 365 (Outlook, calendar, OneDrive, Fuse, SharePoint, etc) dan cloud based systems lainnya yang biasa kita gunakan dalam menunjang pekerjaan.


Tetapi, jika pekerjaan kita lebih banyak menggunakan dokumen fisik berupa kertas, koordinasikan dengan atasan kita untuk melakukan scan pada dokumen tersebut secara sementara.


Dan pastikan, nomor pribadi kita disampaikan kepada rekan, klien, atau atasan kerja agar dapat tetap dihubungi tanpa suatu gangguan apapun.

Tata meja kerja senyaman mungkin, layaknya bekerja di kantor.

Membuat suasana kerja di rumah seperti di kantor akan membantu membuat mood bekerja lebih semangat. Misalnya dengan berpakaian layaknya bekerja di kantor, menyiapkan segelas minuman kopi yang biasa menemani saat bekerja, atau menata meja kerja layaknya di kantor.




Jika tidak memungkinkan untuk menata area kerja atau meja seperti di kantor, pilihlah area di rumah yang jauh dari gangguan, dekat dengan kontak listrik dan dijangkau dengan signal wi-fi/internet, pastikan juga menggunakan kursi dan meja yang nyaman digunakan untuk bekerja ya #sobatoranye.


Selain itu, jika di rumah terdapat anggota keluarga, pasangan, teman sekamar atau anak yang tinggal Bersama dengan kita berikanlah pengertian tentang adanya Batasan waktu-waktu tertentu untuk menghormati waktu kita agar tidak menjadi distraksi bagi kita.

Menjalani hari kerja layaknya bekerja dari kantor.

Ikutilah jadwal bekerja kita seperti biasa, misalnya memulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang, lalu dilanjutkan untuk berisitirahat hingga pukul 1 siang dan melanjutkan aktivitas bekerja lagi seperti pada biasanya.


Jika, hal tersebut dirasa kurang efektif maka kita bisa memulai dengan membuat to-do-list pada hari tersebut. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah mengambil jam istirahat agar kita tetap segar dan bersemangat bekerja ya #sobatoranye.

32 views0 comments

Comentários


bottom of page